Rabu, 12 Oktober 2011

KONSEP DASAR BAHASA C

  • SEJARAH DAN STANDAR C Akar dari bahasa C adalah bahasa BCPL  yang dikembangkan oleh Martin Richard  pada tahun 1967. Bahasa ini memberkan ide kepada ken thompson yang kemudian  mengembangkan bahasa yang disebut dengan B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya  dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone  Laboratories Inc. ( sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).  Kepopuleran bahasa C membuat versi-versi dari bahasa ini banyak dibuat untuk  komputer mikro. Untuk membuat versi-versi  tersebut standar, ANSI (American National Standards Institute) kemudian menetapkan standar ANSI untuk bahasa C. Standar ANSI ini  didasarkan dari standar UNIX yang diperluas. Standar ANSI menetapkan sebanyak 32 buah  kata-kata kunci (keyword) standar. Ke 32 kata kunci ini adalah : 
  • auto  break  case  char  const  continue  default  do  double  else  enum  extern  float  for  goto  if int  long  register  return  short  signed  sizeof  static  struct  switch  typedef  union  unsigned  void  volatile  while
  • ALASAN-ALASAN MENGGUNAKAN BAHASA C  Beberapa alasan dapat dicatat mengapa bahasa C banyak digunakan, diantaranya  adalah sebagai berikut : 



  1. Bahasa C tersedia hampir disemua jenis komputer 
  2. Kode bahasa C sifatnya adalah portabel Aplikasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain hanya dengan sedikit modifikasi.  
  3. Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci 
  4. Proses executable program bahasa C lebih cepat 
  5. Dukungan pustaka yang banyak Keandalan bahasa C dicapai dengan adanya fungsi-fungsi pustaka. 
  6. C adalah bahasa yang terstruktur Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami. C mempunyai fungsi-fungsi sebagai program bagiannya. 
  7. Selain bahasa tingkat tinggi, C juga dianggap sebagai bahasa tingkat menengah. Bahasa C mampu menggabungkan kemampuan bahasa tingkat tingkat tinggi dengan bahasa tingkat tingkat rendah.
  8. Bahasa C adalah kompiler Karena C sifatnya adalah kompiler, maka akan menghasilkan executable program yang banyak dibutuhkan oleh program-program komersial
  • STRUKTUR PROGRAM C Untuk dapat memahami bagaimana suatu program ditulis, maka struktur dari program harus dimengerti terlebih dahulu, atau sebagai pedoman penulis program (programmer) bagaimana seharusnya program tersebut ditulis. Struktur dari program C dapat diihat sebagai kumpulan dari sebuah atau lebih fungsifungsi. Fungsi pertama yang harus ada di di program C yang sudah ditentukan namanya, yaitu fungsi  main(). Artinya program C minimal memiliki satu fungsi (fungsi main()). 
  • Bahasa C dikatakan sebagai bahasa pemrograman terstruktur, karena strukturnya menggunakan fungsi-fungsi sebagai program bagian (subroutine). Fungsi-fungsi selain fungsi utama merupakan program-program bagian. Fungsi-fungsi ini dapat ditulis setelah fungsi utama atau diletakkan di file pustaka (library). Jika fungsi-fungsi  diletakkan di file pustaka dan akan dipakai disuatu  program, maka nama file judul (header file) harus dilibatkan didalam program yang menggunakannya dengan preprocessor directive #include. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar